Faktor-Faktor Pendorong Impulsive Buying Gen Z pada Celebrity Live Streaming Terungkap

Riset berjudul “Determinasi Perilaku Generasi Z terhadap Impulsive Buying pada Celebrity Live Streaming dengan Pendekatan Stimulus-Organism-Response” yang dipimpin oleh Rizki Nur Utamimah dengan anggota Nanda Rismana, Lilik Nurhidayah dan Nurul Hasanah merupakan kegiatan program kreativitas mahasiswa yang lolos pendanaan Belmawa pada tahun 2024. Penelitian yang dilakukan selama empat bulan ini mengungkap bahwa faktor-faktor seperti streamer attractiveness, para social interaction, perceived scarcity, dan trustworthiness secara signifikan mempengaruhi shopping arousal. Sementara itu, expertise tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap shopping arousal.

Temuan penting lainnya adalah bahwa shopping arousal berpengaruh signifikan terhadap perilaku impulsive buying. Artinya, daya tarik streamer, interaksi sosial, kelangkaan yang dirasakan, dan kepercayaan memainkan peran penting dalam meningkatkan gairah belanja, yang kemudian mendorong perilaku pembelian impulsif pada Gen Z saat mengikuti celebrity live streaming.

Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi industri e-commerce dan influencer marketing dalam memahami dan memanfaatkan faktor-faktor yang mendorong perilaku impulsif Gen Z selama live streaming, serta membantu merancang strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan penjualan.